Laman

Rabu, 06 Juni 2018

Cara Membuat Martabak Manis Mini Cokelat Keju Spesial

www.yukmasak.id - Anda sedang ingin membuat jajanan manis yang lezat dan spesial? Yuk simak cara membuat martabak manis mini disini. Siapa sih yang tidak suka dengan martabak manis mini? Salah satu sajian kuliner khas nusantara ini memang memiliki cita rasa yang sangat menggugah selera. Dengan rasa yang manis dan legit, martabak manis ini sangat disukai semua kalangan masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa. Bagi anda yang ingin menikmatinya, tentu anda bisa mendapatkannya dengan mudah karena saat ini martabak manis mini telah banyak dijual di pasar-pasar ataupun di pinggir jalan. Namun bagi anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah, tentu sangat bisa karena kali ini kami akan berbagi resep martabak manis mini untuk anda. untuk itu, simak artikel ini sampai tuntas. 

Martabak Manis Mini Cokelat Keju Spesial. Sumber gambar atmago.com

Jika mendengar tentang martabak manis, anda mungkin akan langsung mengingat tentang salah satu sajian kuliner khas milik Indonesia. Ya, martabak manis merupakan salah satu jajanan khas Bandung, Jawa Barat yang sangat populer dan fenomenal di Indonesia. Dengan cita rasa yang spesial, jajanan yang satu ini memang membuat siapapun yang menikmatinya akan merasa ketagihan. Selain Bandung, ada juga martabak manis khas Bangka yang juga tak kalah populernya dengan martabak khas bandung. Namun martabak manis khas manapun jika anda membuatnya dengan spesial tentu akan menghasilkan martabak yang juga spesial bukan? 

Nah martabak manis mini ini merupakan varian dari martabak manis yang biasanya tersebut. Tak jauh berbeda sebenarnya. Hanya saja ukuran yang membedakannya karena sesuai dengan namanya, martabak manis mini ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding martabak manis biasanya. Karena ukurannya yang kecil, tentu anda akan merasa ketagihan dan kurang bukan? Untuk itu anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan porsi yang anda inginkan. Selain itu anda juga bisa membuatnya sebagai sajian spesial yang bisa dinikmati bersama keluarga tercinta. Martabak manis juga memiliki beberapa varian rasa seperti cokelat keju dan cokelat kacang. Nah kali ini kami akan membagikan resep martabak manis mini dengan rasa cokelat keju. Anda bisa menyimak cara membuat martabak manis mini ini di bawah ini. 

Cara Membuat Martabak Manis Mini Cokelat Keju Spesial


Bahan untuk Membuat Martabak Manis Mini 

Bahan Utama : 

  1. Tepung terigu berprotein sebanyak 1 kg 
  2. Tepung sagu atau tepung tapioka sebanyak 30 gram 
  3. Santan kental sebanyak 100 gram 
  4. Telur ayam sebanyak 5 butir 
  5. Vanili cair sebanyak 2 sendok teh 
  6. Soda kue sebanyak 20 gram 
  7. Air sebanyak 1 ¼ liter 
  8. Susu bubuk dengan full cream sebanyak 50 gram 
  9. Gula pasir sebanyak 200 gram 

Bahan Topping : 

  1. Cokelat meises secukupnya 
  2. Keju chedar diparut secukupnya 
  3. Susu kental manis secukupnya 
  4. Mentega secukupnya 
  5. Gula pasir secukupnya 

Anda harus memastikan bahwa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat martabak manis mini ini telah lengkap agar tidak mengganggu proses pembuatan karena anda harus keluar untuk membeli bahan yang kurang. Nah jika bahan-bahan tersebut telah siap, anda bisa langsung mempraktekkan cara membuat martabak manis mini dengan mengikuti tahapan-tahapan di bawah ini. 

Tahapan Membuat Martabak Manis Mini 

  1. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah semua soda kue dilarutkan dalam 100 ml air. Kemudian aduk hingga rata lalu sisihkan. 
  2. Setelah itu, buatlah adonan dengan mencampurkan bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung sagu atau tapioka, susu bubuk dan juga gula pasir dalam satu wadah besar. Aduk adonan tersebut sampai rata. 
  3. Selanjutnya masukkan juga bahan-bahan lain secara teratur seperti telur, kemudian santan dan terakhir campuran soda dan air ke dalam adonan. Adonan kemudian diaduk terus hingga benar-benar tercampur rata. Di tengah proses mengaduk ini, tuangkan juga air sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi cair. Setelah itu saring semua adonan. 
  4. Adonan kemudian diaduk kembali selama kurang lebih 10 menit hingga tampak gelembung-gelembung yang banyak diatasnya. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. 
  5. Selanjutnya, siapkan cetakan martabak manis mini, olesi dengan mentega lalu panaskan. Anda juga bisa menggunakan cetakan untuk membuat kue lumpur jika tidak memiliki cetakan martabak mini. 
  6. Setelah cetakan panas, tuangkan adonan ke dalamnya sedikit demi sedikit dan jangan sampai penuh. Tekan adonan secara perlahan hingga sedikit meluber untuk membuat bentuk seperti mangkuk. Lakukan pada semua cetakan adonan dan diamkan hingga adonan hampir matang atau tampak tidak lagi menempel pada cetakan. 
  7. Taburkan di atasnya gula pasir sebanyak 1 sendok teh secara merata kemudian tutuplah cetakan. Tunggu hingga adonan benar-benar matang. 
  8. Angkat martabak dan tiriskan untuk persiapan diberi topping. 
  9. Untuk membuat topping, anda bisa memulai dengan mengolesi bagian atas martabak dengan mentega, lalu ditaburi cokelat meises kemudian parutan keju. Jangan lupa juga diberi susu kental manis diatasnya. Martabak manis mini spesial siap disajikan. 
Martabak Manis Mini Cokelat Keju Siap Dihidangkan. Sumber gambar ncc-indonesia
Nah anda telah berhasil mempraktekkan cara membuat martabak manis mini yang lezat dan spesial. 

Nah itulah resep dan juga cara membuat martabak manis mini yang lezat dan spesial dengan rasa cokelat keju di dalamnya. Ukuran bahan-bahan tersebut bisa menghasilkan martabak manis mini dalam porsi yang cukup banyak sehingga anda tentu bisa menikmatinya bersama keluarga tercinta. Terlebih dalam cuaca yang memasuki musim penghujan ini, martabak manis mini tentu sangat pas disajikan dalam keadaan yang masih hangat. Selain itu, martabak manis mini juga sangat cocok untuk disajikan kepada kerabat atau teman yang sedang berkunjung. Anda juga bisa melihat tutorial masak yang lain seperti cara membuat bakso ayam, ataupun cara membuat donat yang nikmat pada blog yukmasak.id ini. Sekian dan selamat mencoba
Facebook Twitter Google+

 
Back To Top